Saturday, 5 March 2011

Akhirnya Jadi Juga Sewa Virtual Private Server

Webhosting For Newbies - What is shared, reseller, VPS and dedicated hosting and their differences + Plus BonusAwalnya sih cuma sekedar ingin tahu. Apa sih yang namanya VPS. Padahal selama ini sama sekali ga pernah touch yang namanya server, linux dan keluarganya.

Sekedar info saja bagi rekan blogger yang belum tahu (bukan sok tahu loh), tapi sekedar sharing aja.
VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Dari namanya kita bisa tahu bahwa ini bukan server beneran. Maksudnya adalah server-dalam-server yang berfungsi layaknya satu unit server biasa. Sebuah server normal yang dibagi menjadi beberapa virtual-server, dengan masing2 memiliki OS, jumlah memory, batas pemakaian resources processor sendiri-sendiri.


Trus kenapa harus sewa VPS ? Apa dengan shared hosting udah ga kuat ?
Sebenarnya ga juga sih. Karena kalau yang hanya punya situs yang biasa2 tentunya dengan shared hosting sudah sangat mencukupi. Tapi kalo ada yang punya situs yang trafiknya sudah sangat tinggi maka siap2 aja disuspended sama pemilik hosting yang artinya harus siap2 cari tempat hosting lain. Dan biasanya di tempat hosting manapun akan sama hasilnya, yaitu pasti akan kena suspended. Makanya lebih baik pindah ke VPS.

Dengan VPS memang akan lebih sedikit mahal dibandingkan dengan menyewa shared hosting, VPS memakai hardware yang berspesifikasi tinggi dan kita memiliki "full control" semua hal settingan dalam server (virtual tersebut).

No comments:

Post a Comment

Detik News