Sunday, 1 August 2010

Belajar Flippa

Saya mungkin termasuk orang yang ketinggalan bermain flippa. Loh, emang Flippa itu apaan, sejenis maenan ??
Hmmm.... bagi sebagian orang (baca senior pebisnis online) kata Flippa pasti sudah tidak asing lagi. Malah mungkin sudah mendapatkan ratusan dolar atau bahkan sudah ribuan dolar dari Flippa.


Sebenarnya apa sih Flippa itu ?
Nah, penjelasan ini hanya berlaku atau berguna buat rekan blogger nubie seperti saya ini, hehe.. Saya saja baru tadi mendaftar di Flippa. Lah, trus buat apa daftar ? Apakah daftar langsung bisa dapat uang ?
Jawabannya, ya tidaklah. 

Di dunia  bisnis online tidak ada yang instan. Memang banyak sekali yang menawarkan berbagai cara instan untuk menjadi kaya (baca mendapatkan pundi-pundi dolar) dari internet, tapi menurut saya itu semua adalah omong kosong. Tetap saja kita perlu meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan investasi dalam bentuk biaya juga.


Kembali lagi ke Flippa, jadi Flippa ini adalah salah satu bisnis online yang disebut dengan Website Flipping yang juga banyak diminati para pebisnis online karena dapat menghasilkan banyak dolar. Kalau dianalogikan dengan dunia non maya (non internet), maka bisnis ini persis sama dengan bisnis property atau barangkali lebih tepat kalau disebut sebagai bisnis pengembang (perumahan). Gambarannya adalah sebagai berikut. Seorang pengusaha membeli sebuah rumah (baik rumah tua, rumah setengah jadi, rumah rusak ataupun rumah baru), memperbaiki dan melakukan renovasi sana sini untuk membuatnya menjadi lebih baik dan bagus, lalu kemudian menjualnya kembali. Nah, demikian juga hal nya dengan website flipping. Website yang sudah jdai dibeli atau membuat website baru kemudian menjualnya kembali.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar website yang dibuat tersebut bisa terjual dengan harga tinggi. Sistem yang digunakan dalam penjualan website ini adalah dengan sistem bid.


Mungkin info awal itu aja dulu, karena saya sendiri masih banyak yang harus dipelajari.

22 comments:

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah, saya malah baru dengar di sini....

    ReplyDelete
  2. @alamandah : O gitu ya... Berarti masih ada juga ya yang ga tau. Hehehe..kirain semua udah pada tau....

    ReplyDelete
  3. Saya punya banyak pertanyaan nih tentang flippa, maklum masih pemula:
    1. Listing itu apa, apakah pendaftaran situs, kena biaya berapa?
    2. BID atau BIN itu apa maksudnya?
    3. Apakah masa lelang situs kita hanya 3 hari saja, soalnya saya lihat di flippa semuanya 3 hari?
    Berarti jika saya daftarkan tanggal 3, maka lelang berakhir tanggal 6, begitu ya?
    4. Apakah penjual harus beli domain dan hosting di luar negeri, misalnya di godaddy.com atau hostgator.com ?

    ReplyDelete
  4. @abil : Waduh banyak juga nanyanya nih..hehe. Akan saya jawab satu-satu ya.
    1. Listing artinya kita mendaftarkan website kita untuk dijual melalui Flippa. Pertama listing akan dikenakan biaya minimal USD 19. Artinya ada option untuk menarik perhatian orang (catch eye) saat orang yang berniat beli melihat2 list, tentunya dengan harga yang bervariasi sesuai option tersebut. Kalau seandainya tidak laku, maka kita bisa me-listing ulang dengan biaya 50%, yaitu USD 9.

    2. BID artinya kita membuat suatu penawaran harga terhadap barang yang sedang dilelang. Umumnya disebut melakukan "Bidding". Nilai BID ini akan semakin naik seiiring dengan minat orang yang ingin memiliki website kita. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada lagi yang nge-BID, maka yang melakukan BID tertinggilah sebagai pemenangnya dan berhak membeli website kita.

    Sedangkan BIN adalah nilai BID maksimum. Apabila seseorang berani membeli dengan nilai tertinggi (nge-BIN), maka sudah bisa dipastikan dialah pemenangnya dan lelang berakhir.

    Sebagai informasi, bahwa website yang kita jual melalui Flippa adalah dengan sistem lelang. Kita tentukan nilai BID minimalnya, nilai Reserve dan nilai BIN nya. Nilai Reserve adalah, harga minimum yang akan kita lepas. Jadi ketika lelang berakhir dan belum mencapai angka Reserve, berarti lelang kita tidak ada pemenangnya.

    3. Bukan 3 hari, tapi maksimal 30 hari. Kenapa banyak yang 3-5 hari. Karena kalau 30 hari bakal kelamaan. Website kita sudah akan turun ke halaman list yang ke sekian yang ga mungkin lagi dilihat oleh orang.

    4. Umumnya menggunakan Registrar Godaddy, karena gampang pushnya. Kalau hosting sih bisa dimana aja, kan ga ngaruh...

    ReplyDelete
  5. Wah maaf Mas kalau kebanyakan!!!
    Maklum, saya hanya ingin tahu saja...

    Buat Mas Wira, Saya ucapkan terima kasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
  6. saya juga baru mau belajar mas.. kapan2 buat step by step yaa

    ReplyDelete
  7. Hehe....nanya2 sih kalo bisa jawab pasti saya bantu..

    ReplyDelete
  8. Salam kenal kawan, blog yang berbeda dan menarik sekali penyajian informasinya. mas saya sudah memasukkan link anda ke blog saya http://youtube-be.blogspot.com yang masih baru ini, untuk kerja sama dalam promosi blognya, saya berharap link saya dimasukkan di blog mas ini, mohon konfirmasinya mas di blog saya yah di http://youtube-be.blogspot.com jika telah dimasukkan, trims

    ReplyDelete
  9. apa kita diwajibkan membayar list $19 ?

    ReplyDelete
  10. @harian keluarga : Benar, minimal dikenakan biaya USD 19

    ReplyDelete
  11. wah menarik bgt infonya
    mas mw tanya,trus gtu it transaksi jual-belinya lewat apa ya?

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum.. Nyari info flippa nyasa ke blognya wiran ) makasi penjelasan langkap banget.
    oh ya apa kabar?

    ReplyDelete
  13. @Anonymous : Transaksi jual belinya pake paypal umumnya... Jadi mesti punya account paypal
    @Kang Salman : Sip, syukur deh kalo infonya bermanfaat, kabar baik bro..

    ReplyDelete
  14. mantap bro utk keterangannya, lengkap. Ane sering liat di forum2 ttg flippa, dan kayaknya menarik juga nih. BTW, kita mesti jago html gak sih, kalau mau terjun serius disini?

    ReplyDelete
  15. saya malah baru tahu mas ...
    gimana caranya ya itu

    ReplyDelete
  16. mantap infonya...jadi tertarik mau coba juga di flippa....

    ReplyDelete
  17. Buat newbie kayak beta, yaaahhh lumayan runyam and ruwet gan hehehehe pie masih cari referensi mengenai flippa. Wong saya masih buta CSS gemana mau masuk Flippa yahh... smakin bingung neh ngenetnya ... pi thankz infonya, memperkaya khazana beta..

    ReplyDelete
  18. hmmm, mantep juga ya bisnis jualan domain....
    oya, ada cara gampang dapetin dollar nih bro, sambil iseng2 eh, taunya dapet dollar beneran, sumpah, silakan coba deh, register di sini http://earn4invite.com/ref.php?page=act/ref&invcod=42678

    ReplyDelete
  19. ceru juga ni
    http://bit.ly/mOz6TE

    ReplyDelete
  20. keren gan arikel nya

    free android and iphone game http://wapfreed.com

    ReplyDelete

Detik News