Sunday, 21 November 2010

Update WPRobot

Pada artikel sebelumnya, saya menulis tentang terjadinya error pada plugin WPRobot ketika mengambil artikel di articlesbase.com, sejak sekitar tanggal 7 atau 8 Nopember lalu. 

Sebenarnya banyak cara mengupdate plugin WPRobot di WP. Namun perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu jangan langsung melakukan deactive dan men-delete plugin atau uninstall dari menu WPRobot, karena itu semua akan menyebabkan semua settingan yang sudah rekan blogger lakukan pada WPRobot versi sebelumnya menjadi hilang, termasuk campaing yang sudah dibuat. 


Kalau hal itu sampai terjadi tentunya akan sangat merepotkan. Apalagi bagi yang tidak hanya menggunakan template standar (sudah dikotak katik). Juga berarti harus membuat campaign dari awal lagi.


Yang saya lakukan adalah :
  1. Gunakan FTP program atau FileManager dari cpanel untuk merubah folder WPRobot3 menjadi nama lain, misalnya WPRobot3_Old
  2. Upload plugin WPRobot terbaru dan ekstrak. Dalam hal ini saya asumsikan semua menggunakan WPRobot asli, sehingga tidak perlu dijelaskan bagaimana cara mendapatkan plugin terbarunya (Update Plugin)
  3. Setelah diekstrak akan terbentuk folder WPRobot3 yang baru, kemudian masuk ke panel Plugin di WP dan akan terlihat bahwa plugin WPRobot terbaru sudah aktif dan yang lama sudah tidak aktif.
  4. Sebelum menghapus plugin WPRobot yang lama, pastikan dulu dengan masuk ke menu Campaign, Option maupun Template, apakah semuanya sudah benar. Baru kemudian delete plugin WPRobot yang lama.

Dengan cara demikian, seandainya saja ada yang error, anda masih bisa mengembalikan ke posisi sebelumnya, yaitu dengan cara mengganti folder WPRobot3 yang baru ke nama lain, dan mengembalikan nama folder yang tadi diubah pada langkah 1 kembali menjadi WPRobot3.



Selamat mencoba.
Load disqus comments

1 comments: