Sunday, 15 June 2008

Review PPC Lokal: PPCIndo

Review PPC Lokal: PPCIndo


Kurang beberapa jam sih sebetulnya, tapi saya rasa sudah cukup untuk menyimpulkan beberapa hal penting mengenai PPC lokal yang satu ini, PPCIndo. Sebelumnya, PPCIndo a.k.a PPC Indonesia dikembangkan oleh Progressive Multimedia (situsnya kok parkiran?) dan berpusat di Surabaya. Pemiliknya beberapa bulan lalu sempat mengkontak saya via telpon dan berkonsultasi untuk perkembangan PPCIndo, tapi sayang sepertinya hingga saat ini memang belum ada banyak perkembangan.


Pertama dari sisi format iklan. Hampir sama dengan KumpulBlogger, iklan-iklan di PPCIndo tidak bisa dikustomisasi sesuka hati. Malah lebih parah, hanya disediakan satu kombinasi warna saja untuk tiap jenis iklan yang ada, yaitu teks hitam dan tautan biru. Untungnya, tersedia bermacam-macam format iklan yang memberikan nilai lebih bagi PPC ini. Khususnya iklan berformat text link yang mirip dengan link unit pada Google AdSense.


KumpulBlogger sebenarnya mampu menampilkan iklan serupa link unit dengan memilih opsi untuk menampilkan hanya judul iklannya saja. Tapi tampilannya menjadi kurang menarik karena tidak rata dalam satu baris.

Untuk komisi per klik, PPCIndo memberikan upah sebesar Rp 100,- (50:50 dari bid iklan yang dikenakan pada advertiser). Sayang statistik iklan harian hanya menampilkan jumlah klik saja sehingga saya tidak tahu berapa persisnya CTR yang dihasilkan. Tapi berdasarkan perkiraan, besar CTR-nya berkisar antara 2.4% hingga 2.7%. Lumayan tinggi.


Bayarannya? Sepertinya tidak ada ketentuan untuk masalah bank yang digunakan, jadi sedikit banyak lebih unggul dibanding KlikSaya yang hanya mendukung BCA dan Mandiri. Anehnya, tidak ada kejelasan di situsnya mengenai batas minimum pembayaran publisher. Tapi dari screenshot bukti pembayaran yang diberikan, sepertinya cukup dengan memperoleh Rp 10.000,- saja Anda sudah bisa segera menikmati duitnya di rekening.


Untuk proses pendaftaran publisher maupun pembuatan kode iklan sendiri cukup mudah dan tidak berbelit.


Berikut ini contoh unit iklan PPCIndo:


Free Image Hosting At ImageCows.Net


Yang paling mengganggu adalah beberapa link yang mengarah ke Ziddu dan halaman FAQ yang 404 alias tidak diketemukan. Ditambah dengan tautan ke perusahaan pengembang yang diparkir, hasilnya adalah kesan kurang bonafid dan kurang serius dalam penggarapan. Semoga review ini bisa menjadi masukan tersendiri bagi pihak PPCIndo untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya. Terutama dari sisi imej yang dibangun.


Mau bergabung dengan PPCIndo? :)


Bagian berikutnya mungkin akan membahas tentang Indofad.Com. Mungkin. Karena saat ini situsnya masih down. Kalau kelamaan gak online lagi ya terpaksa di-skip dan seri artikel ini ditutup dengan perbandingan dari semua layanan PPC lokal yang sudah direview.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 7 June 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

No comments:

Post a Comment

Detik News