Sunday, 4 July 2010

Share Koneksi Fastnet

Di posting sebelum ini saya pernah sampaikan bahwa pada akhirnya saya pasang koneksi internet provider Fastnet dari First Media. Koneksi yang saya pasang adalah 1.5 Mbps. Tadinya saya berpikir bahwa koneksi Fastnet ga ada bedanya dengan Telkomspeedy, boleh dan bisa disharing dengan menggunakan router biasa maupun wireless router.


Ternyata, oh ternyata, saya baru tahu kalau koneksi Fastnet itu hanya untuk personal dan untuk 1 komputer. Sebelumnnya sama sekali tidak pernah tahu informasi mengenai itu. Makanya ketika ditawarkan kecepatan koneksi 1.5 Mbps langsung aja saya terima untuk upgrade, karena saya pikir bakal bisa dishare.

Saya tahunya bahwa koneksi Fastnet tidak diperbolehkan untuk dishare adalah dari internet. Awalnya saya coba mau sharing, tapi selalu gagal. Sampai akhirnya sama sekali ga mau connect walaupun langsung dihubungkan dari cable modem ke komputer.

Akhirnya browsing (pakai koneksi speedy dikomputer satunya), dan baru tahu kalau tidak bisa disharing. Pantesan selalu gagal. Akhirnya saya telpon CS-nya untuk minta direset (istilahnya clear host). Sempat ditanya sih sama opertornya sebelum dia melakukan clear host. Apakah saya ganti komputer, atau pakai router. Tapi saya bilang ga diapa-apain. Padahal pasti dia tau tuh kalo saya lagi kotak katik hehe..

Setelah koneksi kembali normal, saya browsing berbagai artikel mengenai cara sharing konesi Fastnet. Ternyata benar bahwa koneksi Fastnet tidak boleh dishare, tapi bukan berarti tidak bisa dishare.

Banyak sekali informasi di internet yang mengajarkan cara melakukan sharing koneksi Fasnet. Baik itu dengan menggunakan router dengan melakukan cloning terhadap data MAC LAN card komputer utama yang pertama kali dikoneksikan dengan Fastnet, ataupun dengan menggunakan 2 LAN card (sebagai server). Saya tidak akan membahas cara-cara tersebut, karena sudah banyak di internet.

Saya sendiri sudah mencobanya dengan menggunakan wireless router yang selama ini digunakan untuk men-share koneksi Speedy. Tapi selalu gagal dan gagal terus. Sudah coba clone MAC, tetap ga bisa. Setelah beberapa hari dan sempat minta "clear host" lagi ke CS nya, akhirnya bisa juga. Tapi setelah komputer dimatikan, keesokan harinya sudah tidak bisa lagi. Harus setting macam-macam lagi. Dan itu selalu begitu. Setiap router dan cable modem dimatikan, pasti ketika dinyalakan tidak langsung bisa. Tadi malah sudah tidak bisa sama sekali.

Berarti memang harus ganti router, karena entah kenapa tidak bisa menyimpan data secara permanen. Padahal seharusnya bisa.

5 comments:

  1. memang kalo pake speedy bisa di share ya?
    koneksi apa aja yang yang bisa dan ga bisa di share.

    ReplyDelete
  2. @toko susu : Seperti yang saya tulis pada postingan saya, sebenarnya semua bisa dishare. Tetapi khusus FastNet, mereka punya kebijakan bahwa satu line hanya untuk digunakan pada 1 komputer. Kalo speedy sih udah jelas. Kan kita bisa liat di mall-mall yang menyediakan akses gratis internet yang menggunakan provider Speedy. Tapi kali Fastnet pasti deh ga ada...

    ReplyDelete
  3. Gw sering share Fastnet ..
    cuma pake satu cara sih

    gw pake 2 LAN card
    trus aktifin Cross Cable N/WLink BIOS

    udah deh, no setting

    otomatis di LAN card 2 setting share internet Connections

    ..pake cara lain blm berhasil

    ReplyDelete
  4. @Anonymous : cara itu memang bisa juga, pake cara saya pasti bisa deh ... (^;^)

    ReplyDelete
  5. saya bisa tuh kok pake router tp link :D no clone mac tapi di reset dulu cable modemnya terus di matiin sambungin dulu ke router baru nyalain setting dll :D

    ReplyDelete

Detik News