Sunday, 9 November 2008

Indonesia Japan Expo 2008

Menyambut 50 tahun "Golden year of Frienship 2008 Japan - Indonesia" maka agenda utamanya adalah dilaksanakannya Indonesia Japan Expo 2008 yang berlokasi di PRJ Kemayoran.

Acara ini sudah berlangsung sejak 1 November lalu dan akan berakhir besok tanggal 9 November 2008. Bagi anda yang belum ke sana mending sempetin deh. Terutama yang udah berkeluarga, sekalian rekreasi gitu...

Ketika antri untuk beli tiket, ada pengumuman yang cukup menarik. Untuk usia 70 tahun ke atas dan dibawah 5 tahun gratis tiket masuk yang harganya Rp.10.000. Kalo itu mah udah biasa. Yang cukup unik adalah, gratis tiket masuk juga diberlakukan bagi pengunjung yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia (kecuali batik) dan bagi yang mengenakan semacam kimono Jepang (Yukata)


Gambar di atas saya ambil malam minggu tadi, di wahana acara Festival Tradisional Jepang. Namanya Festival Kanto Matsuri, yang khusus didatangkan dari Prefecture Akita. Kanto adalah chochin atau Lampion lilin disusun sedemikian rupa (beratnya sekitar 50 kg dan tingginya bisa mencapai 12 meter), lalu diangkat dan diletakan di dahi, punggung, bahu secara bergantian oleh orang-orang jepang itu.

Sebenarnya Sabtu siang itu ga ada rencana ke sana, cuma karena desakan "orang rumah" akhirnya berangkat juga. Eee... setelah sampe sana jadi ikut asyik juga lihat sana-sini.

Yang paling menarik adalah layar lebar mengenai Shinkansen (kereta super cepat) yang ditayangkan dan dipertontonkan dengan menggunakan kacamata 3 dimensi selama 8 menit. Kemudian dilanjutkan lagi selama 8 menit mengenai alam (musim) di Jepang.Saya perhatikan, kebanyakan anak-anak menyukai wahana ini, sebab saya sempat mendengar banyak anak-anak yang mengajak ortunya untuk mengantri lagi. Padahal antriannya bisa dibilang cukup panjang sekali.

Masih ada hari Minggu tanggal 9 November, acara yang bagus untuk dikunjungi.
Load disqus comments

12 comments