Thursday, 3 June 2010

Google lagi ngamuk.....

Domain Dropped PR 3 yang saya beli melalui salah satu forum, hari ini ketika saya cek, PRnya turun menjadi 0. Padahal belum sempat saya optimalkan. Baru diinstall WP dan diisi dengan beberapa postingan. Tujuan beli juga memang hanya untuk bereksperimen saja.

Setelah saya cek memakai PR Checker Tool, ternyata ada perbedaan antara PR domain yang menggunakan www dan tanpa www. Domain yang diakses dengan www tetap menunjukkan PR3 valid, sedangkan yang tanpa www PR nya 0 (nol) valid.


Hasil dari googling, saya baru menyadari bahwa ternyata "Google sendiri secara default menganggap kedua domain ini berbeda kecuali anda memberitahu google bahwa kedua domain tersebut merupakan situs yang sama, dan domain mana yang lebih anda sukai untuk ditampilkan di hasil pencarian google".

Sehingga PageRank suatu situs, katakanlah www.domainkucom bisa berbeda dengan domainku.com. Jadi cukup riskan bagi anda yang ingin meningkatkan popularitas situs kita dan ternyata tanpa sadar anda membagi popularitas situs kita menjadi dua, satu dengan www, satu lagi tanpa www sehingga tidak akan maksimal.

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah menentukan alamat/domain mana yang akan anda pilih, apakah akses menggunakan www atau non www, pilih salah satu.

Selanjutnya anda beritahu Google bahwa kedua domain tersebut adalah sama, caranya sebagai berikut:
  1. Login ke akun Google Webmaster masing-masing (ttp://www.google.com/webmasters/tools)
  2. Daftarkan kedua alamat web anda, dengan cara memlih Add a site, lalu masukkan alamat situs anda. Contoh: www.hypnomen.com dan hypnomen.com
  3. Verify kedua domain tersebut. Kalau metode yang saya pakai biasanya dengan cara mengupload file yang diberikan oleh google webmaster.
  4. Pilih salah satu nama domain untuk masuk ke domain tersebut.
  5. Pilih Site Configuration, lalu pilih Settings
  6. Di segmen Preferred Domain, pilih antara 2 pilihan berikut ini :
  • Display URLs as www.hypnomen.com, bila anda menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu situs yang sama dan ditampilkan tanpaawalan WWW di hasil pencarian.
  • Display URLs as hypnomen.com, bila anda menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu situs yang sama dan ditampilkan tanpa awalan WWW di hasil pencarian.
Sekarang bisa dicoba untuk mengakses situs kamu dengan awalan www dan tanpa awalan www. Bila kedua kedua halaman yang ditampilkan sudah sama, maka berarti kedua domain kamu telah terdaftar dengan sempurna.

3 comments:

  1. padahal belum genap 3 bulan sejak april..
    apa udah update PR lagi nih si om google?

    ReplyDelete
  2. @mattz : Kalo baca2 di forum sih katanya update minor... nanti update benerannya

    ReplyDelete
  3. wah info yg menarik..salam kenal y

    ReplyDelete

Detik News