Monday, 27 October 2008

Pendirian Yayasan Asing

Kebetulan ada kaitannya dengan pekerjaan, dan karena ingin mengupdate blog, tapi belum ada bahan, ya sudah saya infokan saja mengenai hal berikut ini.
Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Pada tanggal 23 September 2008 lalu telah diterbitkan Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Undang Undang Tentang Yayasan.


Khususnya info yang memang sedang dicari adalah mengenai syarat dan tata cara pendirian yayasan oleh orang asing. Pada UU mengenai Yayasan yaitu UU No. 16 Tahun 2001 yang telah diubah beberapa pasalnya dengan UU No. 28 Tahun 2004, belum diatur secara jelas dan detil mengenai syarat dan tata cara pendiriannya.

Di pasal 69 UU No. 16 Tahun 2001 disebutkan bahwa Ketentuan mengenai syarat dan tata cara Yayasan asing diatur dengan Peraturan Pemerintah.
Nah, setelah menunggu 7 tahun akhirnya tanggal 23 september 2008 lalu Peraturan Pemerintah yang mengatur hal itu terbit juga.

Walaupun belum menjawab semua pertanyaan, namun setidaknya di PP yang baru keluar bulan kemaren ini sudah mengatur lebih jauh tentang itu.

Karena blog ini memang tidak membahas secara khusus mengenai peraturan perundangan, maka saya rasa tidak perlu panjang lebar lagi bercerita mengenai isi dari PP tersebut.

6 comments:

  1. hehehe.. orang asing udah boleh mendirikan yayasan ya?

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya sih memang udah lama bisa (di ketentuan yang sebelumnya), cuma aturannya belum jelas ... sampe keluar peraturan yang detilnya aja butuh 7 tahun, hehehe...

    ReplyDelete
  3. informasinya cukup menarik. and moga tak kehilangan bahan postingan lagi ya?semangat,semangat.

    ReplyDelete
  4. @ Kristina Dian Safitry : Ma kasih komentarnya yang udah mendukungku. Ya... semangat.. semangat..

    ReplyDelete
  5. mngkin pemerintah berfikir dgn membuat PP PYA, maka ada pemasukan buat negeri ini, moga ja bisa dirasakan Seluruh Anak Bangsa....
    Thanks for link my blog....

    ReplyDelete
  6. detailnya apa ya om ???

    membahas posisi NGO g ?
    penting untuk karier ane nih.... wkkaakaka

    ReplyDelete

Detik News