Wednesday, 5 January 2011

iPad yang Jadi Andalan Menu Restoran

Apple iPad MB292LL/A Tablet (16GB, Wifi)Semakin banyak restoran di Amerika yang menggunakan iPad sebagai pengganti daftar menunya. Tak sekadar jadi pemanis belaka, namun gadget besutan Apple itu dipercaya bisa meningkatkan jumlah pesanan.

Di restoran Chicago Cut steakhouse, misalnya. iPad yang difungsikan sebagai menu restoran terbukti efektif mengatrol penjualan wine (minuman anggur) yang disediakannya saat makan malam.

David Flom, pengelola restoran Chicago Cut, mengakui bahwa iPad yang dipasok untuk daftar menu restoran adalah investasi yang besar. Namun itu semua mulai terbayar dengan hasil yang diperoleh.


"Kami melihat ada peningkatan 20% untuk setiap wine yang dipesan setiap konsumen kami. iPad memang tak bisa diharapkan membawa peningkatan 100%, tapi kami percaya hasilnya cukup signifikan," ujarnya seperti detikINET kutip dari AP, Selasa (4/1/2011).

Restoran steakhouse ini menginvestasikan 40 iPad dengan biaya US$ 700 (sekitar Rp 7 juta) untuk tiap unitnya. iPad tersebut menyajikan menu makan malam beserta 750 wine yang tersedia melalui sebuah aplikasi menarik yang interaktif.

Chicago Cut tak sendirian. Banyak restoran lain yang juga menggunakan iPad sebagai peranti pengganti menu tradisional kertas laminating. Misalnya saja, Au Bon Pain di Boston dan 4Food di New York.

Mereka mengakui, dengan iPad yang terhubung secara online ke internet tak hanya mempermudah pemesanan, namun juga membuat pembayaran dengan kartu kredit jadi lebih simpel.

Patrick Eldon, chief executive orderTALK Inc. yang membangun sistim pemesanan online untuk restoran, menilai iPad juga bisa menawarkan value untuk membangun relasi pelanggan. Lewat peranti itu, restoran bisa melakukan survei digital, mengumpulkan alamat email pelanggan, dan menawarkan program makan malam

"Kita bisa lebih mengenal pelanggan kita lewat cara yang tak bisa kita cari tahu lewat para pelayan kita. Dari situ kita bisa mendapatkan data pelanggan yang paling berharga, seperti seberapa sering mereka makan, dan pesanan apa yang mereka sukai," papar Eldon.

Tak hanya di restoran pada umumnya, iPad juga dijadikan menu makanan di bandara internasional John F Kennedy di New York oleh OTG Management. Tercatat ada lebih 200 iPad yang terpasang, sehingga pengunjung yang lapar bisa dengan mudah memesan salad atau sandwich sembari menunggu jadwal penerbangan.

"Setelah makanan tersaji, pembayarannya bisa cash atau lewat iPad. Saat ini kami baru menyediakan ratusan iPad, dan kami harap jumlahnya bisa ribuan di masa yang akan datang," kata chief executive officer OTG, Rick Blatstein.

iPad juga jadi andalan menu restoran di kapal laut. Misalnya saja kapal Celebrity Cruises yang menyediakan 75 iPad di setiap pelayarannya.
Sumber : DetikInet

No comments:

Post a Comment

Detik News