Wednesday, 4 November 2009

Indocomtech 2009 Targetkan Transaksi Rp 180 Miliar

Pameran produk teknologi informasi Indocomtech 2009 digelar di Jakarta Convention Center, 4-8 November 2009. Ajang pamer berbagai produk komputer yang kali ini bertema "see IT more" ini diikuti ratusan peserta.

"Tahun ini kami targetkan perolehan transaksi Rp 180 miliar, semoga nilai tukar mata uang terjadi karena saat ini sangat kompetitif perkembangannya," kata Ketua Panitia Indocomtech 2009, Chris Irwan Japari, di Jakarta, Rabu (4/11). Ia mengatakan, tahun lalu total transaksi yang berhasil dibukukan dari pameran selama lima hari sebanyak Rp 150 miliar.


Kali ini, pameran diselenggarakan di Jakarta Convention Center dan merupakan gelaran ke-17 kalinya yang digagas oleh Apkomindo Indonesia Foundation. Pameran itu menempati area seluas 25.000 meter persegi atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 20.000 meter persegi.

"Pada pameran kali ini produk IT khususnya netbook menjadi ujung tombok penjualan," kata Irwan. Menurut dia, netbook saat ini menjadi gaya hidup yang dapat dimiliki oleh siapa saja karena harganya yang terjangkau.

Berbagai macam piranti lunak dan piranti keras baik yang branded maupun produk lokal tersedia di pameran itu. Sebanyak 326 perusahaan IT meramaikan gelaran itu atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 240 perusahaan. Pihaknya menargetkan pameran akan dikunjungi oleh setidaknya 125 ribu orang dari kalangan pecinta IT. Tahun lalu pameran serupa dikunjungi 96 ribu orang.

"Kami juga merangkaikannya dengan kegiatan seminar, workshop, bahkan pertandingan robot pra-olympic yang pemenangnya akan ditandingkan di Korea," katanya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, setelah membuka pameran Indocomtech, mengatakan, pameran dapat mendorong naiknya indikator penggunaan IT di tanah air.

"Kita masih memiliki indikator yang rendah mulai dari penetrasi komputer yang masih 8 persen, internet 12,2 persen, pengembangan software 80 ribu, dan pengembangan hardware 5.800. Kami harap angka ini bisa dilipatgandakan melalui pameran ini," katanya.

Sumber : Kompas Online

No comments:

Post a Comment

Detik News