Sunday 4 July 2010

Share Koneksi Fastnet

Di posting sebelum ini saya pernah sampaikan bahwa pada akhirnya saya pasang koneksi internet provider Fastnet dari First Media. Koneksi yang saya pasang adalah 1.5 Mbps. Tadinya saya berpikir bahwa koneksi Fastnet ga ada bedanya dengan Telkomspeedy, boleh dan bisa disharing dengan menggunakan router biasa maupun wireless router.


Ternyata, oh ternyata, saya baru tahu kalau koneksi Fastnet itu hanya untuk personal dan untuk 1 komputer. Sebelumnnya sama sekali tidak pernah tahu informasi mengenai itu. Makanya ketika ditawarkan kecepatan koneksi 1.5 Mbps langsung aja saya terima untuk upgrade, karena saya pikir bakal bisa dishare.

Saya tahunya bahwa koneksi Fastnet tidak diperbolehkan untuk dishare adalah dari internet. Awalnya saya coba mau sharing, tapi selalu gagal. Sampai akhirnya sama sekali ga mau connect walaupun langsung dihubungkan dari cable modem ke komputer.

Akhirnya browsing (pakai koneksi speedy dikomputer satunya), dan baru tahu kalau tidak bisa disharing. Pantesan selalu gagal. Akhirnya saya telpon CS-nya untuk minta direset (istilahnya clear host). Sempat ditanya sih sama opertornya sebelum dia melakukan clear host. Apakah saya ganti komputer, atau pakai router. Tapi saya bilang ga diapa-apain. Padahal pasti dia tau tuh kalo saya lagi kotak katik hehe..

Setelah koneksi kembali normal, saya browsing berbagai artikel mengenai cara sharing konesi Fastnet. Ternyata benar bahwa koneksi Fastnet tidak boleh dishare, tapi bukan berarti tidak bisa dishare.

Banyak sekali informasi di internet yang mengajarkan cara melakukan sharing koneksi Fasnet. Baik itu dengan menggunakan router dengan melakukan cloning terhadap data MAC LAN card komputer utama yang pertama kali dikoneksikan dengan Fastnet, ataupun dengan menggunakan 2 LAN card (sebagai server). Saya tidak akan membahas cara-cara tersebut, karena sudah banyak di internet.

Saya sendiri sudah mencobanya dengan menggunakan wireless router yang selama ini digunakan untuk men-share koneksi Speedy. Tapi selalu gagal dan gagal terus. Sudah coba clone MAC, tetap ga bisa. Setelah beberapa hari dan sempat minta "clear host" lagi ke CS nya, akhirnya bisa juga. Tapi setelah komputer dimatikan, keesokan harinya sudah tidak bisa lagi. Harus setting macam-macam lagi. Dan itu selalu begitu. Setiap router dan cable modem dimatikan, pasti ketika dinyalakan tidak langsung bisa. Tadi malah sudah tidak bisa sama sekali.

Berarti memang harus ganti router, karena entah kenapa tidak bisa menyimpan data secara permanen. Padahal seharusnya bisa.
Load disqus comments

5 comments